Pengertian Ciliata, Ciri, Struktur Tubuh, Reproduksi, Cara Makan, Habitat dan Contoh Ciliata

1. Ciliata (Ciliophora/Infusoria)


Ciliata (Latin, cilia = rambut kecil) atau Ciliophora (Yunani, phora = gerakan) adalah Protozoa yang bergerak dengan menggunakan silia (rambut getar). Ciliata disebut juga infusoria (Latin, infundere =  menuang), karena biasanya hidup di dalam air buangan yang banyak mengandung zat organik.

A. Bentuk dan Struktur Tubuh Ciliata


Ciliata memiliki bentuk tubuh yang tetap karena memiliki partikel. Partikel merupakan selaput protein atau glikoprotein yang keras untuk menyokong membran sel. Bentuk tubuh Ciliata bervariasi, ada yang menyerupai sandal, lonceng, terompet, atau oval. Tubuh Ciliata memiliki rambut getar (silia) berukuran pendek , yang membentuk barisan di seluruh permukaan tubuh atau hanya di bagian-bagian tertentu dari permukaan sel.Silia berdiameter sekitar 0,25 μm  dengan panjang 2 -20 μm. Jumlah Silia sangat banyak, bahkan mencapai ribuan. Sejumlah Silia berkumpul dan bersatu di bagian tubuh tertentu dan membentuk cirri. Silia tersebut digunakan untuk bergerak, meluncur, berenangdalam medium air, serta menangkap dan membantu memasukan makanan ke dalam sitoplasma. Selain silia, Ciliata juga memiliki alat untuk mempertahankan diri dari musuhnya, yaitu trikosis. Tubuh Ciliata mudah diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa, namun silianya tidak dapat terlihat dengan jelas.

Di dalam sitoplasma terdapat organel sel, yaitu mitokondria, ribosom, lisosom, nukleus (inti sel), vakuola makanan, dan vakuola kontraktil (vakuola berdenyut). Alat pencernaan makanan terdiri atas bagian corong mulut batau bcelah mulut (oral groove), sitostoma  (mulut sel), sitofaring (gullet atau kerongkongan sel), vakuola makanan, dan lubang anus pada bagian tertentu dari membran sel. Vakuola kontraktil berbentuk mirip kantong, berfungsi untuk osmoregulasi, yaitu mengatur tekanan osmotik cairan di dalam tubuh.

Ciliata memiliki ciri yang unik, yaitu mempunyai dua jenis nukleus. Nukleus pada Ciliata terdiri ats satu inti berukuran besar (disebut makronukleus) dan beberapa inti yang ebrukuran kecil (disebut mikronukleus). Makronukleus berfungsi untuk menyintesis RNA, mengatur aktivitas dan pertumbuhan sel, dan alat reproduksi aseksual (pembelahan biner). Sementara itu, mikronukleus berfungsi sebagai alat reproduksi seksual (konjugasi). Pada Paramecium terdapat 1 hingga 80 bentuk mikronukleus.

Pengertian Ciliata, Ciri, Struktur Tubuh, Reproduksi, Cara Makan, Habitat dan Contoh Ciliata

B. Cara Ciliata Menangkap dan Mencerna Makanan


Cara ciliata menagkap dan mencerna makanan

Makanan Ciliata berupa bakteri dan serpihan organik. Ciliata menggunakan rambut getar di sekitar corong mulut untuk mendorong makanan agar masuk ke dalam sitotosma. Kumpulan makanan dari sitotosma kemudian masuk ke sitofaring. Makanan dari sitofaring akan masuk ke sitoplasma dan membentuk vakuola makanan. Vakuola makanan akan bergabung dengan lisosom yang menghasilkan enzim pencernaan makanan. Pada saat makanan dicerna, vakuola makanan bergerak dari bagian anterior (depan) ke bagian pasterior (belakang). Sari makanan hasil pencernaan yang berasal dari vakuola makanan masuk ke sitoplasma secara difusi. Sementara sisa-sisa makanan yang tidak tercerna akan dilepaskan ke luar sel melalui lubang anus atau pori-pori membran.

C. Reproduksi Ciliata


Ciliata dapar bereproduksi  secara aseksual maupun secara seksual.Reproduksi aseksual terjadi dengan cara pembelahan biner. Pembelahan biner diawali dengan pembelahan makronukleus. Makronuknukleus memanjnang, kemudian membelah menjadi dua. Pada pembelahan biner tidak terjadi pembelahan secara mitosis . Selanjutnya sitoplasma membelah secara transversal (membujur) sehingga dihasilkan dua sel anakan.

Reproduksi seksual terjadi dengan cara konjugasi. Reproduksi secara konjugasi ini menghasilkan Ciliata dengan sifat kombinasi baru (terkombinasi genetik). Mekanisme konjugasi pada Paramecium adalah sebagai berikut1.

  1. Dua sel Paramecium yang cocok untuk kawin saling berdekatan, kemudian saling berlekatan pada sebagian tubuhnya.

  2. Mikronukleus dengan kromosom diploid (2n) pada msing-masing  sel membelah secara meosis sehingga masing-masing sel  memiliki empat mikronukleus yang haploid (n). Namun tiga mikronukleus akan hancur.

  3. Satu mikronukleus haploid (n) yang tersisa, kemudian membelah secara mitosis menjadi dua mikronukleus yang haploid (n).

  4. Pasangan mikronukleus pada setiap sel kemudian saling bertukar mikronukleus satu sama lain.

  5. Mikronukleus yang didapatkan dari sel lain akan menyatu dengan mikronukleus dari sel asal, membentuk mikronukleus yang haploid (2n) dengan sifat genetik campuran (rekombinasi genetik). Penyatuan mikronukleus dari individu yang berbeda tersebut disebut singami.

  6. Pasangan sel Paramecium kemudian berpisah. Mikronukleus diploid (2n) pada setiap sel kemudian membelah secara mitosis tiga kali secara berturut-turut, sehingga menghasilkan delapan mikronukleus yang diploid (2n).

  7. Makronukleus yang asli pada masing-masing sel akan hancur. Empat mikronukleus diploid (2n) kemudian berkembangmeliputi empat makronukleus diploid (2n) yang baru dengan cara replikasi DNA berulang-ulang. Empat mikronukleus diploid (2n) lainnya tetap sebagai empat mikronukleus diploid (2n).

  8. Setiap sel kemudian membelah dua klai tanpa disertai pembelahan nukleus, sehingga setiap satu sel akan akan menghasilkan empat sel anak yang identik, yang memiliki satu makronukleus diploid (2n) dan satu mikronukleus diploid (2n). Dari satu kali proses konjugasi yang dilakukan oleh dua sel Paramecium dihasilkan delapan sel anak diploid (2n) dengan kombinasi kromosom antara kedua induknya.


Gambar reproduksi ciliata

D. Habitat Ciliata


Sebagian besar Ciliata hidup sebagai sel soliter di air tawar maupun air laut. Ciliata banyak ditemukan di air sawah, air sungai, air kolam, dan air selokan, terutama yang banyak mengandung sisa-sisa tumbuhan dan hewan, atau sampah organik. Ciliata yang hidup bebas di lingkungan berair, contohnya Paramecium caudatum, Vorticella, Stentor, Didinium, dan stylonychia. Namun beberapa jenis ada pula yang hidup di dalam tubuh hewan, baik sebagai parasit maupun bersimbiosis mutualisme. Contoh Ciliata yang hidup parasit, yaitu Balantidium coli. Sementara Ciliata yang hidup bersimbiosis, yaitu yang hidup di usus hewan pemakan rumput dan dapat membantu mencerna selulosa.

E. Contoh Ciliata



  • Paramecium caudatum berbentuk seperti sendal, dengan silia berjumlah ribuan yang menutupi permukaan tubuh dan di sekitar celah mulut. Paramecium caudatum hidup bebas di air tawar sebagai pemangsa bakteri

  • Balantidium coli, hidup parasit di usus besar (kolon) hewan ternak dan manusia, menyebabkan diare balantidiasis

  • Strentor roeseli, berbentuk seperti terompet, dengan barisan silia yang rapat di sekeliling mulutnya, memiliki tingkai yang melekat pada suatu tempat. Sterntor roeseli hidup di air sawah atau air yang menggenang yang banyak mengandung bahan organik.

  • Didinium, merupakan predator uniseluler di perairan sebagai pemangsa Paramecium.

  • Vorticella, berbentuk seperti lonceng dengan tangkai yang panjang berbentuk lurus atau spiral, memiliki silia di sekitar corong mulutnya, dan tingkai melekat pada suatu tempat.

  • Stylonychia, silia hanya terdapat di sisi mulut dan di bagian tertentu permukaan tubuhnya, dapat bergerak dengan cepat dan berputar pada suatu tempat, dan memakan serpihan atau potongan bahan organik. Stylonychia  banyak ditemukan dau yang terendam air.


 

Share this

Related Posts

1 komentar:

komentar
15 Desember 2017 21.31 delete

[…] Artikel Terkait : Pengertian Ciliata, Ciri, Struktur Tubuh, Reproduksi dan Contoh Ciliata […]

Reply
avatar